Kamis, 04 November 2021

Tips Memilih Tensimeter yang Baik Untuk di Rumah

Tensimeter merupakan alat untuk mengukur tekanan darah. Alat ini sangat dibutuhkan di rumah, terlebih lagi jika Anda memiliki riwayat penyakit hipertensi. Dengan adanya tensimeter di rumah, akan memudahkan Anda untuk mengecek tekanan darah, serta tidak perlu mengantri di rumah sakit atau tempat praktek dokter, praktis bukan? Nah, sebelum memutuskan untuk membeli tensimeter, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih alat tensi darah terbaik agar mendapatkan hasil yang akurat.

Tips Memilih Tensimeter yang Baik Untuk di Rumah

1.      Cari Jenis Dan Model Tensimeter Yang Diinginkan

Beragam jenis dan model alat tensimeter begitu banyak dijual di pasaran. Anda dengan mudah mendapatkan alat ini dengan membelinya di apotik, maupun di toko online. Terdapat dua jenis tensimeter, yang pertama tensimeter manual, kemudian tensimeter otomatis (digital).

Tensimeter manual merupakan jenis tensimeter yang tidak praktis dalam penggunaanya. Terdiri dari balon pompa, dan meteran penunjuk tekanan darah yang terhubung dengan manset. Manset harus dililitkan ke lengan dan Anda harus memompanya dengan menggunakan balon. Karena penggunaanya yang cukup sulit maka tensimeter manual tidak disarankan penggunaanya untuk orang awam, sebaiknya penggunaan tensimeter jenis ini dilakukan jika terdapat bantuan tenaga medis di rumah.

Tensimeter digital lebih praktis dan mudah penggunaanya dibandingkan dengan yang manual, meskipun sama sama harus melilitkan manset ke lengan, namun hanya dengan menekan satu tombol saja, maka secara otomatis alat tensimeter tersebut dapat bekerja tanpa harus memompanya. Hasil tekanan darah akan langsung muncul di layar monitor serta perhitungannya lebih akurat.


2.      Pilih Ukuran Manset Yang Sesuai

Ukuran lengan orang dewasa berbeda-beda, kesalahan yang umum sering terjadi adalah mengukur tekanan darah dengan manset yang ukurannya tidak sesuai. Tahukan Anda jika ukuran manset yang tidak sesuai dengan pasien, makan akan mengakibatkan hasil pengukuran jadi tidak tepat? Meskipun ukuran manset bisa disesuaikan dengan ukuran lengan, namun manset yang kekecilan ataupun kebesaran sangat berpengaruh terhadap hasil perhitungan. Jika manset yang Anda kenakan terlalu ketat, maka tekanan darah yang dihasilkan akan tinggi, sebaliknya jika manset yang Anda kenakan longgar, makan hasilnya tekanan darah menjadi rendah.


3.      Sesuaikan Tensimeter Dengan Kebutuhan Dan Kondisi Anda

Pilihlah tensimeter sesuai dengan kebutuhan Anda. Misal jika Anda membeli tensimeter untuk hipertensi, ibu hamil atau untuk anak-anak, pastikan cocok dengan kondisi tersebut. Pastikan juga ukuran serta standarisasi dari organisasi kesehatan terkait, serta belilah dari toko terpecaya untuk memastikan originalitasnya.


Itu dia tips memilih alat tensimeter yang baik untuk digunakan di rumah. Untuk  melihat beragam tensimeter serta fiturnya, Anda bisa mengklik tautan ini https://www.omronhealthcare-ap.com/id/category/8-blood-pressure-monitor, dan temukan  yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi Anda.