Selasa, 23 November 2021

Kenali Makanan dan Minuman yang Baik Dikonsumsi Saat Demam

Demam merupakan tanda bahwa tubuh sedang melawan infeksi, bakteri, jamur, bahkan parasit. Seseorang dapat dikatakan terserang demam jika suhu tubuh mencapai lebih dari 38℃. Sedangkan, suhu tubuh yang normal yaitu 36,1℃ sampai 37,2℃. Apabila suhu tubuh sudah mencapai lebih dari 39℃, diperlukan penanganan dokter karena dapat terindikasi terkena penyakit lainnya. Untuk mempermudah pengecekan suhu tubuh, perlu menyiapkan termometer digital terbaik supaya Anda dapat segera memberikan penanganan lebih lanjut jika suhu tubuh tak kunjung turun.

Kenali Makanan dan Minuman yang Baik Dikonsumsi Saat Demam

Adapun gejala umum penderita demam yang seringkali dirasakan, seperti lemas, nyeri otot, sakit kepala, menggigil, hilangnya nafsu makan, dehidrasi dan berkeringat. Meskipun menyebabkan nafsu makan berkurang, penderita demam harus tetap mengonsumsi makanan dan minuman supaya nutrisi tubuh terpenuhi dan stamina tubuh tidak berkurang yang dapat menyebabkan tubuh menjadi lemas. Berikut adalah makanan dan minuman yang cocok dikonsumsi saat demam :


1.      Air kelapa. Saat demam, tubuh akan banyak mengeluarkan keringat bahkan sampai muntah atau diare. Sehingga, tubuh akan mengalami kekurangan cairan. Oleh sebab itu, air kelapa merupakan minuman yang cocok dikonsumsi. Kandungan glukosa dan elektrolit yang terdapat pada air kelapa akan membantu tubuh untuk rehidrasi.


2.      Madu. Cairan kental dan manis yang digemari banyak orang ini ternyata dapat membantu menurunkan panas demam. Senyawa antibakteri yang terkandung dalam madu dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tidak hanya saat demam, madu juga berguna saat Anda mengalami sakit tenggorokan.


3.      Jahe. Jahe sering dijadikan sebagai bahan utama racikan jamu. Jahe berguna untuk mengurangi rasa mual. Selain itu, jahe dapat dijadikan sebagai antioksidan, antibakteri, hingga anti-kanker. Anda dapat mencampurkan jahe pada masakan atau dapat dibuat menjadi wedang jahe yang sangat cocok untuk penderita demam.


4.      Sup ayam. Kandungan nutrisi pada sup ayam cukup besar sehingga dapat menambah stamina tubuh. Sup ayam dapat membantu memberikan asupan cairan dan elektrolit yang sangat baik untuk penderita demam. Selain itu, kandungan asam amino sistein pada sup ayam dapat meredakan peradangan dan melawan virus.


5.      Salmon. Kandungan asam lemak omega-3 pada salmon sangat baik untuk tubuh karena akan memberikan efek anti-inflamasi yang kuat. Selain itu, daging salmon yang lembut, mudah dimakan, dan kaya akan protein cocok dikonsumi saat sedang sakit. Salmon juga mengandung vitamin dan mineral yang berfungsi sebagai sistem kekebalan tubuh.


Demam seringkali dianggap sebagai penyakit yang sepele. Namun, demam juga menjadi salah satu tanda datangnya penyakit yang serius. Oleh sebab itu, memantau perkembangan demam pada tubuh sangat diperlukan. Termometer digital merk Omron adalah alat yang tepat untuk Anda gunakan karena praktis, mudah digunakan, dan cocok untuk semua usia. Semoga bermanfaat!